Pemulihan Spritual Healing, Muhammadiyah Sulbar Gelar Pembekalan Dai Bencana

Doc. Sulbar mu.com : Pamflet Kegiatan Pembekalan Dai Bencana, Selasa 09 Maret 2021.


SULBARMU.COM, MAMUJU.-- Salah satu bukti kecintaan Allah kepada kita, senantiasa diberikan ujian. Hal tersebut disampaikan oleh Dr. kyai Wahyun Mawardi, Ketua PW. Muhammadiyah Sulawesi Barat, pada kegiatan pembekalan Dai Bencana secara virtual yang dilaksanakan dari hari selasa-jumat/9-12 Maret 2021.

Dalam pengantarnya, Dr. kyai Wahyun Mawardi mengucapkan terimakasih banyak kepada tim Dai Bencana, terutama majelis tabligh PWM Sulbar maupun Majelis Tabligh PDM Mamuju dan Majene yang senantiasa melaksanakan pelayanan kepada masyarakat dalam melakukan pemulihan pasca musibah gempa. Menurutnya ini membuktikan Muhammadiyah bukan saja berdakwah diatas mimbar saja, tetapi melakukan pelayanan sosial dan kebencanaan.

"Secara psikologi orang yang terkena bencana itu butuh ketenangan. Ada tiga metode dakwah yang oleh para ulama menjelaskan, yakni metode dakwah secara hikmah dalam arti menyampaikan dengan cara bijaksana, memberikan nasehat-nasehat berkaitan perumpamaan-perumpamaan serta doa, dan bil Hasanah atau bil hal", terangnya, Selasa (09/03/2021).

Adapun narasumber pada pembekalan tersebut, Rustang, M.Pd.I, yang merupakan alumni pelatihan Dai Nasional oleh PP Muhammadiyah, Furqan Mawardi, M.PI, selaku Kordinator DAI Bencana Sulbar, Hendri Gunawan, S.Ud, Imam Besar Masjid Fastabikhul Khairat dan Muhammad Rivai, M.Pd.I, Alumni Dai Pedalaman Asia Muslim Charity Foundation.

Ustadz Rustang, sebagai narasumber pertama dengan materi iman, akidah dan tauhid memaparkan iman itu berasal dari kata aman, sedangkan akidah itu adalah persaksian atau perjanjian sedangkan tauhid adalah pengakuan, namun jika ditarik kesimpulan iman, akidah dan tauhid merupakan pekerjaan qalbu (hati).
"Ada beberapa kiat-kiat mempertahankan tauhid, pertama adalah mengikuti pengajian atau menambah ilmu dan pengetahuan.
Membiasakan jihad dalam arti bersungguh-sungguh, berserah diri kepada Allah, selalu mencari ridho Allah dan memakmurkan masjid", ujar ustadz Rustang.


Editor. : Admin Sulbarmu.com

Post a Comment

0 Comments