Mamuju Pasca Pilkada, Jaga Persatuan


Oleh// Hasram Efendi (Dai LDK PP Muhammadiyah)

SULBARMU.COM, MAMUJU.-- Mamuju merupakan sebuah kabupaten yang terletak di ibu kota Provinsi Sulawesi Barat berpredikat sebagai ibu kota Provinsi. Meski demikian, Mamuju hingga saat ini bukanlah daerah otonom memiliki Wali kota melainkan bagian dari Kabupaten Mamuju dipimpin oleh seorang Bupati sebagai kepala daerah.

Berkenaan dengan hal itu, beberapa bulan terakhir ini, Mamuju sebagai ibu kota Provinsi kembali ikut serta merayakan PILKADA dengan dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yakni Siti Sutina Suhardi dan Ado Masud sang penantang dengan petahana Habsi Wahid dan Irwan SP Pababari. yang kemudian para calon kepala daerah berusaha semaksimal mungkin hadir meyakinkan seluruh lapisan masyarakat Mamuju atas kemampuan memimpin 5 tahun masa periode.

Dari penelusuran penulis, melihat dari berbagai media sosial terlihat kedua calon Bupati tersebut tidak tertinggal untuk hadir ditengah-tengah masyarakat hingga sampai keluar masuk pelosok desa bersosialisasi dan berakampanye mengutarakan argumen visi dan misinya demi memperoleh dukungan.

Tentu tidak mudah bagi kedua calon untuk meyakinkan masyarakat Mamuju apa tak lagi Negara kita khususnya Kabupaten Mamuju saat ini masih berada pada titik kesulitan karena penyebaran pandemi covid 19 hingga segalanya wajib mematuhi protokol kesehatan.

Alhamdulillah, 9 Desember kemarin adalah penantian para calon kepala daerah, simpatisan dan para pendukung untuk penyambutan kemengangan masyarakat Mamuju. "Sepanjang pelaksanaan, saya sendiri melihat prinsip demokrasi yang telah dibangun sejak awal yaitu aman damai dan berjalan lancar, terlihat ketika saya berada pada tempat dimana saya meberikan hak suara. Dan saya berharap ditempat lain juga demikian,"

Apresiasi dan penghargaan besar untuk para pelaksana yang memberi jaminan kemananan pelaksanaan pilkada ditengah meluapnya wabah covid 19. Inilah harapan bersama bahwa demokrasi mengajarkan untuk menghargai sebuah perbedaan karena sejatinya siapapun unggul pada sebuah kontesatsi politik, kembali kepada siapa yang masyarakat tentukan. Siapapun yang masyarakat beri mandat untuk mengabdi sebagai Bupati Mamuju, terluap sebuah harapan besar yaitu mampu memberi warna, perhatian dan kesejahteraan untuk semua lapisan masayarakat.



Penulis.  : Hasram Efendi
Editor.   : Admin Sulbarmu.com

Post a Comment

0 Comments