DPD IMM Sulbar Mencetak Jurnalis Andal

Foto Sulbarmu.com : Arman, Ketua Umum Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sulawesi Barat.

SULBARMU.COM, MAMUJU.--Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Sulawesi Barat menggelar Pelatihan Jurnalistik Online via whatsApp Rabu, (03/06/2020).

Pelatihan tersebut dilaksanakan dalam rangka membekali kader IMM Sulbar agar mampu menulis berita dan mengelola media secara profesional.

Ketua umum DPD IMM Sulawesi Barat, Arman mengatakan pelatihan ini merupakan program kerja bidang hikmah dan media, sebagai upaya untuk mengembangkan potensi kader yang memiliki minat dan bakat di bidang kejurnalistikan.


"Tugas kami hanya memfasilitasi kader yang memang suka menulis dan ingin betul-betul menggeluti profesi sebagai seorang jurnalis," tutur Arman.

Ia berharap agar peserta pelatihan betul-betul secara serius mengikuti pelatihan ini, sebab yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini merupakan penulis profesional.

Sukrina Dwi Kasita salah seorang peserta dalam pelatihan jurnalistik mengatakan materi yang dipaparkan sangat menarik, sebab selain dilatih untuk menjadi seorang praktisi jurnlaistik juga mendapatkan ilmu tentang kepenulisan. Olehnya itu baik yang memiliki backgroud jurnalistik maupun yang tidak, atau yang memiliki amanah dalam struktutal IMM maupun tidak, juga bagi kader yang menginginkan IMM membumi dengan tujuan mulianya diharapkan we are growth together sedikit banyaknya ilmu yang didapatkan jika berawal dari niat yang baik insyaallah keberkahan akan ada.

Dalam materinya Mira Pasolong Ketua Forum Lingkar Pena (FLP) Sulawesi Barat memaparkan di era digital saat ini agar tidak mengalami penindasan dan menjadi korban hoax, maka selayaknya harus mampu menguasai media, setidaknya selektif dalam mengkonsumsi berita.

"Pelatihan ini nantinya 30% teori dan 70% praktik, sebab arah dalam pelatihan adalah untuk menjadi praktisi jurnalis, sehingga peserta tidak hanya ditekankan untuk sekedar menulis, tetapi untuk berlatih membuat media online yang akan dikelola secara profesional, benar dan menarik," ujar Mira Pasolong.

"Ada tips yang saya ingin berikan untuk penulis pemula pada pelatihan perdana ini, yakni perbanyak membaca, fokus pada tema yang sedang ditulis, rutin menulis setiap hari dan jangan mengedit sambil menulis," imbuhnya.



Reporter.   : Admin Sulbarmu.com
Editor.       : Mira Pasolong

Post a Comment

0 Comments