Buka PPDB Online, SMA Muhammadiyah Siapkan Beasiswa Kedokteran Bagi Lulusannya

Foto Sulbarmu.com : Fajriani Siswi SMA Muhammadiyah Mamuju, Saat Menyampaikan Pendapatnya Pada Kegiatan Sosialisasi Bahaya Narkoba dan Pergaulan Bebas Oleh Polres Mamuju, di Masjid Al-qalam MBS At-tanwir.


SULBARMU.COM, MAMUJU.-- Menginjak tahun kedua sejak didirikannya, Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Mamuju, membuka Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021 secara online, Sabtu (06/06/2020).

SMA Muhammadiyah satu-satunya yang ada disulbar dengan jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang merupakan jawaban dari masyarakat dan warga persyarikatan yang selama ini menginginkan anaknya utuk lanjut menempuh pendidikan ke jenjang menengah atas.

Apa lagi lulusan dari sekolah tersebut memberikan kesempatan kepada siswa dan siswinya yang berprestasi dari kalangan lemah secara ekonomi untuk bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dengan mengambil jurusan Kedokteran.


Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekolah, Ilham mengatakan saat ini di Sulbar peminat yang ingin melanjutkan pendidikannya ketingkat SMA sangat tinggi, beberapa dari masyarakat dan warga muhammadiyah ketika bertemu maupun berpapasan dijalan sering memulai pembicaraan dengan bertanya apakah di perguruan muhammadiyah membuka SMA.

Selain dari itu, ini juga merupakan inisiatif dari Mudir MBS At-tanwir Mamuju, yakni Kiai Wahyun Mawardi, yang memang sudah jauh hari memikirkan akan hal itu, ditambah lagi beberapa tahun terakhir ini permintaan siswa yang berprestasi selalu ada.


"Apa yang menjadi keinginan dari pimpinan merupakan kewajiban saya untuk menjalankan, apa lagi saya tau ketulusan dan keikhlasannya dalam mengembangkan amal usaha muhammadiyah bukan hal baru selama ini saya lihat, tentu saya berkewajiban untuk memenuhi apa yang menjadi niat baiknya," ujar Ilhan

Di tahun pertama berdirinya SMA Muhammadiyah Mamuju memiliki 6 orang peserta didik. Tahun ajaran ini penerimaan siswa untuk SMA ditargetkan maksimal 20 orang dengan satu (Rombel) Rombongan Belajar, tambahnya.


Direktur MBS At-tanwir Mamuju, Kiai Wahyun Mawardi, mengatakan setiap tahunnya Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) mengirimkan surat permintaan siswa dari sulbar yang akan diberikan beasiswa kedokteran gratis sampai lulus, tetapi dengan syarat harus lulusan SMA Muhammadiyah, jurusannya IPA, berprestasi, dari kalangan ekonomi lemah dan yang mondok. Namun permintaan tersebut tidak dapat dipenuhi.

"Kita patut bersyukur atas kepercayaan itu, insyaallah kedepan kita sudah bisa memenuhi permintaan tersebut. Olehnya itu dari sekarang kita harus persiapkan untu membekali siswa secara matang, sehingga pemberdayaan kader betul-betul bisa direalisasikan, ketika selesai maka harus kembali ke sulbar," ucap kiai Wahyun Mawardi.



Editor. : Admin Sulbarmu.com

Post a Comment

0 Comments