Putus Rantai Penyebaran Covid-19, Ketua PW. Muhammadiyah Sulbar : Sholat Idul Fitri dirumah Saja

Foto Sulbarmu.com : Ketua Umum Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Barat, Kiai Wahyun Mawardi, S.Ag.,M.Pd.


SULBARMU.COM, MAMUJU.-- Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Barat, Kiai Wahyun Mawardi, menghimbau kepada warga persyarikatan untuk melaksanakan sholat Idul fitri dirumah, Sabtu (16/05/2020).

Hal tersebut diutarakan berdasarkan surat edaran dari Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah nomor. 04/EDR/1.0/E/2020 dan Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) nomor 28 tahun 2020, tentang tuntunan sholat idul fitri dalam kondisi darurat pandemi covid-19.

"Kita ketahui jumlah pasien positif covid-19 di Indonesia semakin hari kian bertambah, sudah dipastikan penyebarannya masih terjadi di tengah masyarakat, tentu hal ini akan membahayakan bagi warga apa bila nekat berkumpul dalam jumlah yang banyak, apa lagi khusus di Sulbar saat ini ada sekira 75 kasus per 16 Mei 2020 pasien yang terinfeksi. Social Distancing merupakan hal yang paling baik dilakukan sampai situasi dan kondisi betul-betul membaik", tutur Kiai Wahyun.

Kendati demikian, Kiai wahyun mengutarakan inisiasinya untuk memudahkan warga muhammadiyah sulawesi barat dalam hal mengakses khutbah idul fitri bagi warga yang memiliki keterbatasan pengetahuan untuk khutbah. Menurutnya dengan memanfaatkan kecanghihan tekhnologi saat ini, masyarakat bisa lebih mudah untuk mendengarkan khutbah idulfitri setelah selesai sholat, namun pernyataan tersebut bersifat tidak memaksa, apa bila ada warga yang bisa khutbah sendiri dirumah itu lebih baik.

"Bagi warga yang tidak ada kemampuan untuk membaca khutbah dirumah, silahkan bergabung dengan kami hanya menggunakan handpone android, bisa diakses melalui aplikasi zoom could meeting, live streaming di facebook dan instagram," katanya.

Kita sama-sama berdoa kepada Allah SWT, semoga wabah virus ini segera mungkin diangkat dan bisa berakhir, agar kondisi pulih kembali seperti sedia kala, harapnya.



Editor : Admin Sulbarmu.com

Post a Comment

0 Comments