MDMC Sulbar Presentasikan Capaian di Forum Rakernas

Foto : Hasram Efendi, Ikuti Rakernas MDMC di Yogyakarta 01 Februari 2020.

SULBARMU.COM, YOGYAKARTA.-- Melalui Forum Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC), Hasram Efendi, diberi kesempatan memaparkan laporan program capaian MDMC Sulawesi Barat, di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), Sabtu (01/02/2020).

Melalui rapat kerja tersebut, Ia melaporkan MDMC Sulawesi Barat telah ikut serta dan terjun langsung dalam membantu korban gempa dan tsunami pada bulan september 2018 yang terjadi di kota Palu dan Donggala Sulawesi Tengah.

Setelah itu, dalam menambah jumlah personil MDMC bekerjasama dengan Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mamuju, melaksanakan Pelatihan dan Diklat Search And Rescue (SAR) yang diikuti sekira 40 peserta, sehingga keanggotaan kader MDMC Sulbar bertambah dan semakin kuat dalam melaksanakan penanggulangan bencana nantinya.

"Dari Pelatihan dan diklat itu, tentu akan menambah kader sebagai tim yang selalu siap dan sedia dalam merespon setiap musibah yang terjadi, baik tingkat lokal (daerah) maupun ke tingkat nasional," tutur Hasram.

Kemudian bencana banjir bandang dikota Mamuju, tenggelmnya kapal dilaut Majene, banjir bandang di Kecamatan Kalukku dan Sampaga, MDMC Sulbar tidak pernah ketinggalan dalam mengambil peran sebagai tim untuk megevakuasi korban yang terkena musibah.

Meskipun demikian, Hasram menyampaiakan beberapa hambatan dan kendala yang secara umum sering terjadi, Terutama persoalan alat transportasi sebagai pendukung proses kerja-kerja yang secara efektif memudahkan tim dalam bekerja dilapangan.



Editor. : Admin Sulbarmu.com

Post a Comment

0 Comments