Dzikir Permohonan Tercukupkan Dengan Rezki Yang Halal

Foto : Doc. http :// facebook.com, Rumayshocom

SULBARMU.COM, MAMUJU.-- Masih pada Bab Dzikir, Ustadz Furqan dalam kultumnya dengan tema "Dzikir Permohonan Tercukupkan Dengan Rezki Yang Halal", Masjid Darul Ulum, STIE Muhammadiyah Mamuju, Rabu (15/01/2020).

Orang yang salih adalah orang yang senantiasa istiqomah dalam berbuat kebaikan kapan dan dimanapun ia berada. Salah satu ciri orang yang salih adalah, orang yang senantiasa berusaha mencari rezeki yang halal lagi berkah. Kemudian yang menjadi pertanyaan, Apakah kita ini sudah tergolong orang-orang yang salih, Hanya Allah dan diri sendiri yang bisa menjawab.

Sebagai seorang yang beriman kepada Allah dan hari akhir tentunya menginginkan rezeki yang halal lagi berkah, karena rezki yang didapatkan di dunia akan di mintai pertanggung jawabannya di hari kemudian. Harta, kekayaan yang didapatkan dari sumber yang haram tidak ada nilainya di mata Allah SWT. Justru akan mendatangkan malapetaka terhadap kehidupan dunia baik terhadap diri sendiri, keluarga yang nantinya akan menyengsarakan di akhirat kelak.

Diriwayatkan dari Abu Bakr Ash-Shiddiq dari beliau bersabda:

لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ جَسَدٌ غُذِيَ بِحَرَامٍ

“Tidak akan masuk ke dalam surga sebuah jasad yang diberi makan dengan yang haram.” (HR. Abu Ya’la, Al-Bazzar, Ath-Thabarani dalam kitab Al-Ausath dan Al-Baihaqi).

Yang haq tidak akan dapat bercampur dengan yang bathil. Allah Swt, telah memerintahkan kepada Manusia untuk mencari rezeki yang halal sebagai mana firmannya dalam surah (Al-Baqarah :168)
Artinya, "Hai sekalian manusia, makanlah yang halal lagi baik dari apa yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah syaiton karena sesungguhnya syaiton itu adalah musuh yang nyata bagimu,".
Maka sudah menjadi kewajiban setiap manusia untuk mencari rezeki yang halal, demi kemaslahatan di dunia sampai akhirat, suatu amalan yang dapat dicontoh dari Rasululullah SAW untuk memohon kepada Allah tercukupkan dengan rezki yang halal, yaitu, “Ya Allah cukupilah aku dengan rizkimu yang halal hingga aku terhindar dari yang engkau haramkan, Ya Allah
kayakanlah aku dengan karunia-Mu
hingga aku tidak minta kepada selain
Engkau," (HR. Imam Tirmidzi dan Imam Ahmad).




Penulis. : Immawan Bukhori
Editor. : Admin Sulbarmu.com

Post a Comment

0 Comments