MPM PWM Sulbar Target Menjadi Contoh Program Pemberdayaan

Foto : Jamaah Ternak Muhammadiyah (Jatermu) Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Muhammadiyah Sulawesi Barat


SULBARMU.COM, MAMUJU.-- Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat, telah menerima 50 persen bantuan dana program pemberdayaan penggemukan ternak sapi dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Bantuan pemberdayaan tersebut merupakan langkah awal untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan jalan melakukan pembinaan dengan sistem pemberdayaan bagi cabang dan ranting dilingkup persyarikatan Muhammadiyah sulbar.

"Kita sudah siapkan bibit sapi baru enam ekor dari target 25 ekor, nanti tinggal ditambah sambil menunggu sisa dana dari pimpinan pusat. Untuk bibit sapi kita percayalah sama jamaah ternak untuk mencari dengan batasan harga Rp 7,5 juta, nanti kalau tidak dapat baru kita bantu cari dipengepul," Ucap Muhammad Qosim, Ketua Majelis  Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat, ketika ditemui di tempat Kerjanya, Jl. soekarno Hatta, Sabtu (28/09/2019).

Kemudian Sapi yang akan dijadikan bibit itu sekitar 10 sampai 11 bulan kedepan sudah bisa di qurban, soalnya memang sapi program penggemukan ini akan dijadikan qurban saat hari raya idul adha yang akan datang, tambahnya.

Lebih lanjut Muhammad Qosim menerangkan program penggemukan ternak sapi ini yang diberi nama Jammah Ternak Muhammadiyah (JaterMuh) penempatannya ada empat kecamatan, diantaranya Tapalang, Simboro, Mamuju dan Kalukku, kedepan jika perkembangganya pesat maka akan kita kembangkan dibeberapa Pimpinan Daerah Muhamamdiyah di Sulbar.

"Saya berharap dengan adanya program  pemberdayaan ini, masyarakat semakin banyak yang berminat menjadi anggota jamaah ternak, sebab disamping dapat meningkatkan perekomian ummat melalui pemberdayaan, juga sebagai syiar dakwah muhammadiyah ditiap cabang dan ranting," tutur Muhammad Qosim.

Ketua Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat, Kyai Wahyun Mawardi, mengatakan bantuan ini merupakan kepercayaan Pimpinan Pusat Muhammadiyah kepada MPM Sulbar, yang memberikan bantuan pemberdayaan dengan harapan di sulbar ada jamaah ternak. Sebenarnya ada dua program MPM Pimpinan Pusat Muhammadiyah, pertama yakni bantuan pemberdayaan dibidang peternakan dan yang kedua yakni program pemberdayaan dibidang pendidikan.

"InsyaAllah dalam waktu dekat ini Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nasir akan datang untuk mendeklarasikan jamaah ternak muhammadiyah Sulawesi Barat dan harapan kami semoga pemberdayaan masyarakat di bidang ternak sapi ini bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lain, juga peletakan batu pertama pembangunan Muhammadiyah Boarding School (MBS) At- Tanwir Mamuju yang terletak di Desa Botteng," Pungkas Kyai Wahyun Mawardi.

Dua program pemberdayaan ini akan memberikan konstribusi besar dalam perkembangan persyarikatan Muhammadiyah di Sulbar, terangnya.




Editor. : Admin Sulbarmu.com

Post a Comment

0 Comments