Sifat Muhsin Itu Memberi Lebih Banyak Dari Seharusnya diberi



Foto : Ketua Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat, Kyai Wahyun Mawardi, M.Pd

SULBARMU.COM, MAMUJU.-- Sifat Muhsin yang berqurban adalah memberi lebih banyak dari pada yang harus diberi dan mengambil untuk dirinya lebih sedikit dari seharusnya dia ambil. Hal ini di ungkapkan Ketua Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Barat, Kyai Wahyun Mawardi, M.Pd, saat dikonfirmasi melalui via whatsaap, Senin (12/08/2019).

"orang-orang muhsin itu adalah mereka yang berbuat baik terhadap qurban, sebagian saya terjemahkan dalam prakteknya yaitu orang-orang yang berqurban itu memberikan lebih banyak dari yang seharusnya dia berikan, dan mengambil lebih sedikit dari yang seharusnya dia ambil, bukan malah sebaliknya," Tutur Kyai Wahyun.

Perintah berqurban telah di sampaikan dalam firman Allah SWT dalam surah Al-Haj ayat 37 yang artinya, Daging-daging unta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai keridhaan Allah, tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya. Demikian Allah telah menundukkannya untuk kamu supaya kamu mengagungkan Allah terhadap hidayahnya kepada kamu. Dan berilah kabar gembira kepada orang-orang yang berbuat baik.

"Dalam konteks binatang qurban, kalau kita berkata yang berqurban diperkenankan mengambil sepertiga dari qurbanya untuk dia makan dan kalau perlu dia simpan dan dua pertiganya merupakan hak orang-orang yang butuh, maka mereka yang muhsin akan mengambil kurang dari sepertiga serta memberi lebih banyak dari dua pertiga," Ujar Kyai Wahyun Mawardi.


Editor : Admin Sulbarmu.com

Post a Comment

0 Comments