Selangkah Lagi, STIE Muhammadiyah Mamuju Menjadi Universitas


Foto : Ketua Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat, Kyai Wahyun Mawardi, Bersama Ketua Daerah Muhammadiyah (PDM) Mamuju, H. Hasbullah Quraisy dan Ketua Panitia Perubahan Bentuk STIE Muhammadiyah Mamuju Menjadi Universitas, H. Salihi Saleh, Saat Menghadiri Rapat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulbar, di Aula Kampus STIE Muhammadiyah Mamuju, Minggu, 25 Agustus 2019.

SULBARMU.COM, MAMUJU.-- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sulawesi Barat menggelar rapat bersama Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Mamuju dan Panitia Perubahan Bentuk Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Muhammadiyah Mamuju menjadi Universitas dalam rangkan menindaklanjuti hasil pertemuan dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah di Yogyakarta pada tanggal 19 sampai 20 Agustus 2019 kemarin.

"Kami berjumlah tujuh orang yang berangkat ke Yogykarta, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Mamuju, H. Hasbullah Quraisy, Ketua BPH (Badan Pengurus Harian) H. Salihi Saleh, Ketua STIE Muhammdiyah Mamuju, Muchtar Baso, Wakil Ketua Empat Bidang Al-Islam Kemuhammdiyaan, Ustadz Furqon Mawardi, Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Polewali Mandar, H. Azis Gozal dan ketua tim pendirian Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Muhammadiyah Polman," Tutur Kyai Wahyun Mawardi, selaku Ketua Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat, saat menyampaikan sambutannya di Aula Kampus dua STIE Muhammadiyah Mamuju, Minggu (25/08/2019).

Kyai Wahyun memaparkan Ada lima poin hasil pertemuan dengan Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang menjadi agenda rapat dan akan ditindaklanjuti  pada pertemuan kali ini yaitu, memohon restu kepada pimpinan pusat agar memberikan rekomendasi atas perubahan bentuk STIEM menjadi Universitas, memohon rekomendasi pendirian Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Muhammadiyah Polman, rencana pembangunan Muhammadiyah Boarding School (MBS) di atas lahan sekitar lima hektar, pembelian hotel Grand Mutiara dan pendirian gedung rektorat sembilan tingkat STIE Muhammadiyah Mamuju.

"Alhamdulillah setelah melalui dialektika lobi dan negosiasi yang cukup alot, kelima poin itu mendapatkan respon positif dari Pimpinan Pusat Muhammdiyah," terang kyai Wahyun Mawardi yang juga selaku Mudir di Muhammadiyah Boarding School (MBS) At-tanwir Mamuju.

Ketua Panitia Perubahan Bentuk STIE Muhammadiyah Mamuju ke Universitas, H. Salihi Saleh, mengatakan ada sepuluh dokuman yang harus dipersiapkan sebagai kelayakan dalam perubahan bentuk STIEM menjadi universitas, untuk memenuhi itu maka akan membentuk empat Devisi yang fokus menangninya, devisi regulasi, devisi aset, sumber daya manusianya, dan devisi akademik.

"Pokja (Kelompok Kerja) ini akan kita targetkan tiga bulan harus sudah rampung, kemudian diakhir kita akan rapatkan kembali lalu diseminarkan sehingga kita bisa menguji kelayakan dokumen tersebut," Ujar Salihi Saleh Juga Selaku Kepala Dinas PUPR Kabupaten Mamuju.




Kemudian pembangunan sembilan tingkat gedung rektorat akan mengundang tiga bank syariah untuk diajak bekerja sama, tetapi tentu dengan melihat mana yang memberikan dana dengan sistem syariah pengemblian termurah, maka akan diajak bermitra. Juga gedung rektorat sembilan tingkat yang nantinya dibangun akan dijadikan I con Pendidikan di kota Mamuju sebagai ibu kota Provinsi Sulawesi Barat. 

Sementara pembelian Hotel Grand Mutiara Pimpinan Wilayah Muhammadiyah sudah berkordinasi dengan pihak Bank Rakyat Indonesia (BRI), tinggal menunggu kapan lelang kelima akan dilaksankan, semoga harga yang ditawarkan tidak naik lagi.

Adapun pembangunan Muhammadiyah Boarding School (MBS) diatas tanah yang luasnya sekitar lima hektar, sudah dibuatkan proposalnya dengan anggaran delapan milyar. Semuanya sudah masuk didalamnya, mulai gedung, masjid, jalanan dan pos satpam.

"Alhamdulillah karna model pengembngnnya dengan konsep pemberdayaan, sehingga pimpinan pusat sangat merespon positif, hanya ada dua program yang akan dibantu oleh pimpinan pusat untuk tahun ini, pertama di NTB dan di Sulawesi Barat," Jelas Salihi Saleh yang juga menjabat selaku Ketua BPH (Badan Penguru Harian) di STIE Muhammadiyah Mamuju.



Reporter : Immawan Ilham
Editor.     : Admin Sulbrmu.com

Post a Comment

0 Comments