LBH Muhammadiyah Sulbar Terbentuk

Foto : Kegiatan Rapat Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat dan Ortom di Warkop Bang Jaka, Rabu 17 Juli 2019.

SULBARMU.COM, MAMUJU -- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat gelar pertemuan internal antar Pimpinan dan Ortom untuk membahas pembentukan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Muhammadiyah Sulawesi Barat, bertempat di Warkop Bang Jaka, Rabu ( 17/07/2019).

Pertemuan tersebut membahas tindaklanjut hasil Sarasehan Nasional tentang pembentukan Lembaga Hukum Muhammadiyah tingkat Provinsi di Universitas Muhammadiyah Malang akhir Desember 2018 lalu.

"Berdasarkan Instruksi PP Muhammadiyah, kami diberikan target sampai 1 Agustus 2019 untuk membentuk LBH di sulbar, untuk itu rapat kali ini kita akan memilih unsur pengurusnya," Ucap Ketua Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat, Kiyai Wahyun Mawardi, S.Ag,.M.Pd, saat menyampaikan sambutan dalam rapat itu.

Tugas utama pengurus LBH Muhammadiyah ini diantaranya melaksanakan advokasi dan bantuan hukum  kepada masyarakat yang hak-hak hukumnya perlu mendapat bantuan dan dukungan terutama golongan mustad'afin, selain itu juga lembaga ini akan memberikan pendidikan dasar hukum kepada warga muhammadiyah. 

Hasil pertemuan itu, memilih Mukmin A. Taufik, MH, selaku Direktur LBH Muhammadiyah Sulbar, Irdayanti, SH, sebagai sekertaris dan Jasriani, S.Hi, bendahara, serta menetapkan Kordinator bidang Litigasi dan Penanganan perkara dan bidang penyuluhan hukum.

Ketua LBH Muhammadiyah Sulawesi Barat,  Mukmin A.Taufik, MH, mengatakan dalam mengisi struktur di LBH syarat utamanya adalah sumber daya manusia yang sesuai bidang dan jurusannya, sehingga perlu kiranya kader dipersiapkan dari sekarang.

"Ada tiga hal yang mesti diperhatikan untuk tahap awal ini, kita gunakan struktur organisasi yang sederhana, LBH harus ada advokatnya, kantor sekretariat  yang representatif  dan pengurusnya adalah anggota Muhammadiyah yang dibuktikan dengan kartu anggota (NBM)" jelasnya.



Reporter : Immawan Ilham

Editor      : Admin Sulbarmu.com

Post a Comment

0 Comments