IYE Dorong Konsep "Cycling Vacation" di Pulau Karampuang

Foto : Salah Satu Peserta Explore Karampuang yang diselenggarakan Oleh Indoneisa Youth Empowerment (IYE) bersama Genre Sulbar dan SedayArt's

Sulbarmu.Com -- Indonesia Youth Empowerment (IYE) bersama Genre Sulbar dan SedayArt's menggelar kegiatan akhir pekan "Explore Karampuang" yang  dilaksanakan pada minggu, 30 Juni 2019 di Pulau Karampuang, Mamuju.

Mendorong konsep "Cycling Vacation" yaitu bersepeda mengelilingi keindahan Desa Karampuang sampai Desa Ujung Bulo sebagai salah satu upaya pengembangan wisata dan promisi akan keindahan alam pulau karampuang.

Suryansyah selaku Direktur Eksekutif IYEKeren, menyatakan bahwa perlu ada langkah strategis untuk pengelolaan dan pengembangan wisata pulau karampuang.

"Olahraga bersepeda di Pulau Karampuang memberi nuansa yang sangat menarik, kegiatan ini selain menyenangkan juga menyehatkan. Sebaiknya pemerintah mengembangkan Badan Usaha Desa, dengan menyiapkan sepeda bagi pengunjung, sebagai alternatif wisata selain diving dan snorkling di Pulau Karampuang" tutur Suryansyah.

Event kesenian dan kebudayaan juga bisa kita hadirkan sebagai rangkaian kegiatan peringatan hari jadi Kabupaten Mamuju di pulau karampuang. Sehingga menarik wisatawan untuk berkunjung sambil menyaksikan pagelaran kesenian dan Kebudayaan.

"Sebaiknya rangkaian peringatan hari jadi Kabupaten Mamuju atau moment bersejarah lainnya bisa dikemas meriah di Pulau Karampuang. Event kesenian daerah, festival seni pelajar dan mahasiswa serta kegiatan menarik lainnya perlu digelar untuk mengundang wisatawan agar berkunjung ke pulau karampuang,"jelas Suryansyah.

Selain pemandangan alam yang sangat indah. Tamin selaku Ketua GenRe Sulbar, mengatakan bahwa potensi untuk menghadirkan jajanan khas juga menjadi kekayaan kuliner daerah yang bisa dikembangkan di pulau karampuang

"Mamuju memiliki kekayaan kuliner seperti jepa dan penja. Makanan khas yang jarang dimiliki oleh daerah lain. Sehingga ini bisa menjadi kekuatan, potensi daerah yang patut untuk dikembangkan di pulau karampuang," ucap Tamin

Selain memperhatikan aspek pengembangan ekowisata, juga yang perlu di perhatikan yakni bagaimana menjaga ekosistem laut dan membangun kesadaran masyarakat untuk tetap menjaga lingkungan, tambahnya.



Editor : Immawan Ilham

Post a Comment

0 Comments