Untuk Tahun Ini, SMP Muhammadiyah (MBS) At -Tanwir Mamuju Membuka Program Wajib Mondok Bagi Santrinya.

Sulbarmu.Com -- Memasuki Tahun ajaran baru SMP Muhammadiyah Boarding School Pondok Pesantren Modern At Tanwir  Mamuju akan membuka Program Wajib mondok (Full Time) bagi Santri dan Santriwati yang lulus seleksi penerimaan peserta didik baru.

Untuk tahun ajaran ini, 2019/2020, akan menerima Sebanyak 15 putra untuk santriwan dan 15 putri untuk santriwati, yang bersekolah di SMP MBS At-Tanwir Mamuju, program tersebut merupakan tindak lanjut dari hasil pengembangan sekolah yang sudah berdiri kurang lebih sepuluh tahun.

"Tentunya kami berupaya dengan semampu kami, agar dapat mencetak generasi yang gemar mambaca Al-quran, menghafal quran dan mampu mengamalkannya," ucap Basir Badul, S.Pd.I, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah Mamuju, saat dikonfirmasi melalui via watshap, Minggu (12/05/2019).

Pengembangan program mondok akan terus ditingkatkan, seiring kebutuhan dan minat masyarakat yang antusias untuk mengharapkan anak-anaknya mampu membaca dan menghafal Al-quran.

Basir mengatakan, melalui program-program Tahfidz wekeneed, daurah sepuluh hari liburan menghafal satu jus dan daurah selama 20 hari ramdhan menghafal dua jus, ini adalah program yang akan terus dikembangkan dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu sekolah.

Selain di bekali ilmu Agama yang nantinya menjadi muhafidz dan muhafidzah  sebagai nilai plus program mondok. Menurut Basir Badul Pengembangan Akademik berbasis kurikulum 13 juga di berlakukan dan di terapkan di Pesantren modern yang kami bina. Juga nilai plus lainnya yaitu, SMP Muhammadiyah Mamuju telah menerapkan pula kurikulum Islam Kemuhammadiyahan dan Bahasa Arab (ISMUBA).

"Kurikulum ini wajib diterapkan di sekolah-sekolah dan pondok pesantren Muhammadiyah, dimana terdiri dari mata pelajaran, Bahasa Arab, Kemuhammadiyahan, Pendidikan Qur'an, Aqidah Akhlak, Fikih dan pendidikan Sejarah Islam. Dari kelompok mata pelajaran ini, kami berharap mampu dikaji dan didalami nilai-nilai Islam yang merupakan standar capaian lulusan santri," Tutur Basir Badul.

Adapun program ekstrakulikuler, Basir, menambahkan, sudah menyiapkan kegiatan pengembangan prestasi santri, seperti komunitas Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Matematika, Tapak Suci putra muhammadiyah, gerakan kepanduan Hisbul Wathan, Kelompok Paduan suara dan kelompok cerdas cermat yang akan terus dikembangkan.

"Kita berharap kehadiran SMP Muhammadiyah Bording School Pondok Pesantern At-Tanwir Mamuju, menjadi Wadah pendidikan yang mampu mengantarkan para santri atau peserta didik yang unggul dari sisi akademik dan memiliki nilai plus dalam menghafal Al Qur'an," Ujar Basir Badul.


Penulis : Basir Badul, S.Pd.I

Editor    : Immawan Ilham

Post a Comment

0 Comments