Kunjungan Kerja Bupati Mamuju. Kiyai Wahyun Mawardi, S.Ag.,M.Pd, Silaturahim Hal Yang disukai Oleh Allah.


Sulbarmu.Com -- "Rasulullah SAW bersabda yang artinya, barang siapa yang senang diluaskan  rezekinya, kemudian dipanjangkan umurnya hendaklah dia senantiasa menyambung silaturahim," hal ini menjadi inti ceramah Kiyai Wahyun Mawardi, S.Ag.,M Pd. Saat menunggu datangnya waktu buka puasa bersama dalam rangka Safari ramadhan dan kunjungan kerja oleh pemerintah kabupaten Mamuju di Kantor Camat Tapalang, Rabu (15/05/2019).

Dalam hadits lain, Wahyun Mawardi, menyampaikan bahwa, Rasulullah Muhammad SAW. bersabda yang artinya, tidak masuk surga seseorang yang memutuskan tali silaturahim, (HR. Bukhori dan Muslim).

Menurutnya, kegiatan yang diadakan oleh pemerintah kabupaten Mamuju ini, merupakan bentuk kasih sayang yang harusnya selalu di tingkatkan, sebab baiknya suatu daerah itu di topang oleh sinergitas atau kerja sama yang baik antara pemimpin dengan rakyatnya.

"Apa yang di lakukan oleh bapak Bupati Mamuju dan para pejabat lainnya, merupakan suatu hal yang sangat disukai oleh Allah SWT," tutur Kiyai Wahyun Mawardi.

Ia melanjutkan, Setidaknya ada tiga cara menyambung silaturahim, untuk menjaga hubungan sesama manusia agar tetap harmonis dan baik. Pertama yaitu manusia sebagai makhluk sosial tentunya saling terikat dalam konteks interaksi, maka untuk membangun hubungan baik, seseorang dianjurkan saling kunjung mengunjungi dan saling berkomunikasi, 

Kedua, seseorang harus berprinsip saling memberi dan menerima, hal ini tentu banyak orang yang berpendapat bahwa, memberi itu hanya di anjurkan apa bila kita mampu memberi atau hanya orang kaya saja dan menerima itu hanya diperuntukkan apa bila seseorang tidak mampu atau orang miskin, tentu hal ini harus dikoreksi, sebab biar pun dia tidak mampu bisa pula mereka memberi dalam bentuk apa pun itu, karena menerima itu tidak harus patokannya kepada orang miskin, sebab tidak semua pemberian dan penerima itu berkaitan tentang kemampuan harta, namun bisa dalam bentuk apa pun itu, contohnya saling tolong menolong dalam kebaikan yang tidak diukur dengan nilai rupiah.

Adapun yang terkahir, lanjutnya, cara menyambung silaturahim itu, seseorang harus saling mendoakan dalam hal kebaikan, Allah SWT berfirman dalam surah Al-baqarah ayat 186 yang artinya, Dan apa bila hamba-hambaku bertanya kepadamu tentang aku, maka jawablah bahwasannya aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdoa apabila ia memohon kepadaku, maka hendaklah mereka itu memenuhi segala perintahku dan hendaklah mereka beriman kepadaku, agar mereka selalu berada dalam kebenaran.


Penulis  : Immawan Ilham

Post a Comment

0 Comments