Besar Dan Kecilnya Pahala. Tergantung Berat Tantangan Yang Allah Berikan Kepada Hambanya.

Sulbarmu.Com -- Untuk yang kedua kalinya Ketua Wilayah Muhammadiyah Sulawesi Barat, Kiyai Wahyun Mawardi, S.Ag.,M.Pd, memenuhi undangan pemerintah kabupaten Mamuju sebagai mubaligh pengisih ceramah ramadhan, dalam kegiatan  Safari Ramadhan di Masjid Al-Amin Dusun Passiangan, Desa Dungkai, Kecamatan Tapalang Barat, Kamis malam (16/05/2019).

Dalam Ceramahnya Kiyai Wahyun Mawardi mengatakan, Dalam Konsep Islam Jamaah Masjid Almunauwarah di Kelurahan Galung kemarin yang kami kunjungi bersama Bupati Mamuju, dibandingkan dengan Jamaah Masjid Al-Amin tentu berbeda pahala yang di ganjarkan Oleh Allah SWT. Sebab dari segi sarana dan prasarananya, dari jalannya yang baik dilalui, Masjid yang megah dan penerangannya yang baik itu menjadi tolak ukur perbedaan pahala yang di berikan oleh Allah.

"Tentu tidak sama Allah memberikan pahala bagi yang besar ujiannya dengan yang biasa-biasa saja, juga yang sulit melaksanakan ibadah dengan yang mudah, bagi orang tua yang rajin ke Masjid dengan Anak mudah yang rajin ke masjid beribada. Hadits Rasulullah Muhamamd SAW. yang artinya Besarnya pahala yang diberikan tergantung beratnya tantangan yang Allah berikan kepada Hambanya," Ujar Kiyai Wahyun Mawardi, S.Ag.,M.Pd.

Demikian pula, lanjut Kiyai Wahyun Mawardi,  saat ini kita memasuki bulan suci ramadhan, tentu ujian dan tantangan di bulan ini tidak sama dengan bulan-bulan lainnya, butuh iman dalam diri sebagai pengendali setiap apa yang kita kerjakan, sebab kita mengetahui berpuasa itu merupakan perintah dari Allah dan Allah yang langsung memberi pahala.

"Mengapa berpuasa di bulan suci ramadhan itu pahalanya di lipatgandakan oleh Allah, sebab tantangannya juga berat," Tuturnya.

Kiyai Wahyun Mawardi menambahkan, Dalam Hadits dalam riwayat ibnu huzaima yang artinyaBarang siapa melakukan amalan kebaikan di bulan ramadhan, nilaimya sama dengan melakukan amalan fardu di luar bulan ramadhan, dan barang siapa yang melakuakan amalan fardu di bulan ramadhan sama dengan 70 amalan fardu di luar bulan ramadhan.


Penulis  : Immawan Ilham

Post a Comment

0 Comments