Akhlak Cerminan Taqwa. Orang yang Berpuasa Akan Hati-Hati Dalam Bertindak.

Sulbarmu.Com -- Bulan ramadhan merupakan bulan yang istimewa, dimana semua amalan-amalan kebaikan yang kita kerjakan akan dilipatgandakan Oleh Allah SWT. 

Tentu sebagai ummat muslim dengan  berpuasa dapat meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah Swt. Taqwa itu juga cerminan dari akhlak, orang yang berpuasa akan lebih hati-hati berbuat maupun bertindak.

Ustazd Abd Rahman Djaffar, S.Ag, dalam ceramahnya di masjid At-Tanwir Pondok Pesantren Modern Mamuju, Sabtu malam 11 mei 2019, yang mengangkat tema Akhlak mengatakan, akhlak begitu penting dalam kehidupan manusia, namun perlu diketahui  bahwa akhlak terbagi menjadi dua, yakni akhlak terpuji dan akhlak tercela. menurutnya, Rasulullah Muhammad SAW. merupakan contoh yang baik tentang berakhlak, hadits Rasulullah yang artinya sesungguhnya nabi Muhammad di utus untuk menyempurnakan akhlak.

"Dengan akhlak orang bisa berinteraksi dengan baik, bisa saling hormat-menghormati dan harga menghargai kepada sesama," Kata Ustazd Abd.Rahman.

Ia menjelaskan ada empat akhlak yang terpuji yang bisa dipedomani dalam kehidupan sehari-hari, pertama, setiap manusia harus mempunyai akhlak sifat pemaaf dan saling memaafkan, agar tercipta kehidupan yang harmonis,  kedua akhlak terpuji yang harus dimiliki oleh seseorang yakni sifat malu, karna malu merupakan bagian dari iman.

"Dalam islam tentunya kita harus memiliki sifat malu, malu jika tidak lancar membaca Al-quran, malu jika tidak sholat dan malu jika tidak menutup aurat," ujar Ustazd Abd. Rahman.

Lebih lanjut, ustadz Abd. Rahman menjelasakan, akhlak ketiga yang harus kita miliki yaitu, akhlak tolong menolong, sifat tolong menolong ini adalah hal yang tak kalah penting, sebab sebagai makhluk sosial maka tentu kita membutuhkan bantuan orang lain dalam hal apa pun itu yang berkaitan tentang kebaikan.

Terakhir ke empat, adalah akhlak untuk menjaga lisan atau ucapan dari perkataan buruk, karna dari lisan dapat memecah belah persatuan dan dapat menimbulkan pertengkaran. Hadits Rasulullah Muhammad SAW. yang artinya keselamatan manusia itu tergantung dari lisannya.

"Itulah akhlak terpuji yang harus ditanamkan dalam diri kita sebagai ummat muslim, sehingga kita dapat mencapai tingkatan orang-orang yang mukmin dan bertaqwa,"ucap Ustazd Abd. Rahman.


Penulis : Immawan Ilham

Post a Comment

0 Comments