Rumah Zakat Beri Edukasi Pelayanan Posyandu Lansia


REPUBLIKA.CO.ID, MALANG -- Rumah Zakat memberikan edukasi pelayanan Posyandu untuk kader di Malang. Rumah Zakat Malang (10/4) mengadakan pelatihan kader psoyandu lansia di RW 5 Kelurahan Ciptomulyo, Kota Malang dengan materi pelatihan pengukuran tekanan darah. Posyandu ini baru dibina oleh Rumah Zakat Malang Sejak Maret 2019.

Kader Posyandu Lansia merupakan lini terdepan pelayanan kesehatan di tingkat paling kecil di suatu kelurahan. Jika mereka dibina dengan baik dengan pemberian pelatihan layanan kesehatan di Posyandu maka kader Posyandu akan mampu memberikan promosi kesehatan secara efektif, serta bisa menjadi kader profesional yang mampu membantu menyelesaikan masalah lansia.

Kader posyandu lansia tidak hanya diajari cara melakukan pengukuran tekanan darah. Mereka juga diberi edukasi mengenai prosedur yang benar sesuai standar serta hal-hal yang perlu dilakukan sebelum dan sesudah melakukan pengukuran tekanan darah. Misalnya, edukasi mengenai berapa tekanan darah normal, grade hipertensi, serta memberikan edukasi apabila tekanan darah lansia ditemukan tidak normal. Saat pelayanan di posyandu, kader diharapkan sudah mampu membantu layanan kesehatan berupa pengukuran darah selain antropometri yang selama ini sudah mereka lakukan.

"Dari kegiatan tersebut, terlihat bahwa kader posyandu sangat antusias dan mereka mengatakan lebih percaya diri untuk memberikan pelayanan di posyandu karena sebelumnya tidak mengetahui pengetahuan dasar kesehatan sama sekali" ujar PIc kegiatan ini.

Sumber : https://khazanah.republika.co.id/berita/dunia-islam/rumah-zakat/pqnldb368/rumah-zakat-beri-edukasi-pelayanan-posyandu-lansia

Post a Comment

0 Comments